5 Film Biopik tentang Aktivis Ini Wajib Ditonton

oleh -121 views

[ad_1]

Tokoh-tokoh hebat dunia yang berani memulai gerakan layak disebut sebagai aktivis. Mereka memperjuangkan hak-hak minoritas yang terjadi di depan matanya. Banyak sekali kisah inspiratif yang bisa kita petik dari kehidupan yang mereka alami. 

Dari sebuah film biografi yang mendokumentari kisah perjuangan aktivis tersebut. Kita bisa menonton dan biasanya akan sadar dan tergerak untuk juga mengambil peran atau action. Berikut deretan film yang bisa kamu tonton! 

1. Malcolm X (1992) 

Siapa yang tidak tahu aktivis satu ini? Malcolm adalah aktivis muslim paling berpengaruh di Amerika. Perjuangannya untuk hak-hak para pemilk kulit hitam, Afro-Amerika sangatlah berani. Di film ini akan diceritakan titik balik kehidupan Malcolm yang suram ke arah yang lebih cerah.

Film ‘Malcolm X’ ini adalah sebuah film drama biografi dari Amerika yang rilis pada tahun 1992. Film ini dibintangi oleh Denzel Washington sebagai Malcolm X. Selain itu, film Malcolm X ini juga dibintangi oleh Angela Bassett, Albert Hall, Al Freeman, Jr., dan Delroy Lindo.

2. Ali (2001) 

Ada beberapa versi film yang menceritakan tentang kisah hidup seorang petinju sekaligus aktivis, Muhammad Ali. Salah satunya adalah berjudul ‘Ali’ yang rilis pada tahun 2001. Dalam film ini akan menyajikan kisah kehidupan Ali sejak tahun 1964 hingga 1974.

Karakter Ali sendiri diperankan oleh aktor profesional, Will Smith. Selain itu, bintang lainnya yang ada di film ini adalah Jamie Foxx, Jon Voight, Mario Van Peebles, Ron Silver, Jeffrey Wright dan Mykelti Williamson. 

3. Selma (2015) 

Salah satu aktivis yang paling berpengaruh di Amerika Serikat, Martin Luther King Jr. juga kisah hidupnya diabadikan. Kisahnya terdapat pada film berjudul ‘Selma’. Film ber-genre drama sejarah ini rilis pada tahun 2014. Judul film ini pun diambil dari sebuah nama kota di Alabama, Amerika Serikat. 

Mengisahkan bagaimana perjuangan Martin dalam menyuarakan hak-hak kesetaraan bagi warga kulit berwarna di Amerika. Tokoh Martin sendiri telah mmeraih penghargaan Nobel Perdamaian tahun 1964. Film ini dibintangi oleh aktor David Oyelowo, Tom Wilkinson, Lyndon B.Johnson, Tim Roth dan Carmen Ejogo. 

4. He Named Me Malala (2014) 

Selanjutnya, film seorang aktivis perempuan yang memperjuangkan hak pendidikan. Malala Yousafzai adalah salah satu tokoh inspiratif yang juga telah meraih penghargaan Peace Prize dari Nobel tahun 2014. Kisahnya yang heroiknya itu pun didokumentasikan dalam film berjudul ‘He Named Me Malala’. 

Film yang menceritakan aktivis perempuan asal Pakistan ini pertama kali rilis pada tahun 2015. Dalam film dibintangi oleh Malala sendiri, Ziauddin Yousafzai, Toor Pekai Yousafzai, Atal Yousafzai, Mobin Khan, Jon Stewart, Khushal Khan Yousafzai dan Khushal Yousafzai. 

5. I Am Greta (2020) 

Terakhir, film dari seorang aktivis climate change asal Amerika, Greta Thunberg. Film yang baru dirilis pada tahun 2020 ini menceritakan tentang sosok remaja, Greta, yang vokal dalam gerakan penyelamatan bumi. Greta adalah aktivis yang lahir 3 Januari 2003 dan berasal dari Swedia. 

Dalam film ini akan disajikan berbagai gerakannya yang telah dilakukan. Dari mengampanyekan isu-isu terkait pemanasan global, perubahan iklim bahkan gerakan mogok sekolah untuk iklim. Film ini dibintangi oleh Greta Thunberg sendiri, Svante Thunberg, Arnold Schwarzenegger, António Guterres dan Malena Ernman. 

Jadi, kamu tertarik untuk nonton kisah heroik dan keberanian mereka dalam kelima film di atas? Dari mereka kita bisa belajar untuk berani vokal terhadap ketidakadilan yang terjadi di depan mata. Selamat nonton! 

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.