5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

oleh -373 views

[ad_1]

Bertanya adalah hak setiap orang demi mendapatkan jawaban yang belum mereka ketahui. Tetapi, bertanya juga harus dibarengi dengan niat dan etika yang sesuai. Sebab, ada beberapa pertanyaan yang terdengar buruk dan terkesan menyerang.

Kita harus pintar-pintar dalam memilih pertanyaan yang akan kita berikan di setiap konteks pembicaraannya. Dan berikut ini adalah lima pertanyaan paling tidak etis yang gak boleh kamu tanyakan kepada orang lain!

1. Wajar aja kamu kaya, pasti harta orang tua kamu kan?

5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

Setiap orang memiliki hak untuk menikmati harta yang diberikan atau sepeninggalan orang tuanya. Dan mereka juga diamanahkan untuk menjaga harta tersebut. Lalu apa urusan kita untuk menanyakan asal harta tersebut dan apa tujuannya? Jangan menyakiti perasaan orang lain lewat sindiran seperti itu. Kamu hanya akan melukai perasaannya tanpa tau alasan di baliknya.

2. Kamu punya orang dalam?

5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

Kita tahu mencari pekerjaan saat ini memang sulit dan melelahkan. Tetapi bukan berarti kamu dapat melontarkan bentuk amarahmu kepada orang lain.

Jangan buat dia tersinggung lewat pertanyaanmu yang seolah merendahkan kualifikasi orang lain terhadap pekerjaannya. Pikirkan itu baik-baik, hubungan yang baik jauh lebih berharga daripada permusuhan.

3. Kok kamu tiba-tiba jadi baik?

5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

Memang wajar apabila kamu merasa aneh terhadap perilaku orang yang tiba-tiba berubah. Tetapi bukan berarti itu bisa kamu jadikan alasan untuk menginterogasinya dengan pertanyaan tidak penting itu. Berpikiran positif adalah langkah yang perlu kamu lakukan. Dan jika memang ada gelagat buruk dari dia, lebih baik beri jarak sewajarnya saja.

4. Kamu gendutan, makan apa aja?

5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

Mau sampai kapan kita memandang orang lain hanya pada fisiknya? Apa tidak ada topik pembicaraan lain yang bisa kamu bicarakan kepadanya?

Jangan bicara seolah kamu lebih baik darinya! Dia punya hak atas penampilannya, maka jangan judge kebahagiaannya lewat persepsi mu yang tak ada kaitannya dengan dia.

5. Kapan nikah?

5 Pertanyaan Paling Tidak Etis Ditanyakan ke Orang Lain

Umum, biasa, dan wajar sepertinya apabila kita menanyakan kapan menikah dari orang-orang terdekat kita. Tetapi apa kamu tahu perasaannya ketika ditanya seperti itu? Dan apa kamu tahu alasannya mengapa dia masih saja belum menikah? Semua orang punya alasan di baliknya. Oleh karena itu jauh lebih baik apabila kamu bisa lebih bijak dalam bertanya.

Itulah kelima pertanyaan yang sepertinya tidaklah etis disampaikan kepada orang lain. Semoga bermanfaat!

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.