Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

oleh -2,576 views

[ad_1]

Kucing memang kadung dikenal dengan citranya yang menggemaskan. Tingkah-polah hingga warna bulunya pun memiliki pesona tersendiri. Contohnya adalah kucing putih yang menyiratkan aura anggun serta warna mata yang relatif unik. Nah, selain tampilan luarnya tersebut, kucing putih juga menyimpan trivia menarik, lho. Yuk, simak ulasan berikut! 

1. Populasi kucing putih murni hanyalah kisaran 5 persen di seluruh dunia

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Ternyata, populasi kucing putih murni, alias kucing yang semua bulunya adalah putih sempurna, hanyalah kisaran 5 persen di dunia. Lebih lanjut, kucing putih umumnya memiliki warna mata biru (salah satu ataupun keduanya), serta sebagian kecil yang bermata warna keemasan, hijau, dan tembaga.

2. Gen utama penyebab bulu berwarna putih tersebut adalah gen masking yang dominan 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Usut punya usut, gen utama yang melatarbelakangi bulu putih tersebut adalah gen masking yang dominan. Gen masking merupakan gen yang mencegah warna dasar untuk menampakkan dirinya. Dengan kata lain, kucing putih pada dasarnya mempunyai warna-warna bulu selain putih. Akan tetapi, dominansi dari gen masking justru mengakibatkan melanin terhalang berkembang sehingga yang muncul adalah bulu warna putih.

3. Kucing putih memang cenderung memiliki warna mata yang terbilang mencolok 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Lebih lanjut soal melanin, tepatnya di bagian Iris pada mata kucing, pigmen warna inilah yang berperan dalam penentuan warna mata pada kucing. Semakin tinggi produksi melanin maka akan semakin gelap pula warna mata, begitupun sebaliknya. 

4. Kucing putih bermata biru cenderung menderita gangguan pendengaran bawaan 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Kucing putih bermata biru pada umumnya menderita gangguan pendengaran (tuli) bawaan akibat degenerasi dari telinga bagian dalam. Rupanya, ketulian tersebut dipengaruhi oleh warna biru pada mata kucing putih. Dengan kata lain, hampir semua kucing putih mengalami gangguan pendengaran karena kucing putih umumnya memang memiliki warna mata biru baik keduanya maupun salah satunya. 

5. Walau sama-sama berbulu putih, tetapi kucing putih berasal dari ras yang beragam 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Kendati sama-sama memiliki bulu berwarna putih yang merata, ternyata kucing putih pun terdiri dari ras yang beragam. Misalnya saja Oriental Shorthair, Persia, British Shorthair, Scottish Fold, Ragdoll, Norwegian Forest, hingga Devon Rex. 

6. Kucing putih yang paling digemari berasal dari ras kucing Persia 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Agaknya kucing putih yang paling banyak memiliki penggemar adalah dari ras kucing Persia. Pasalnya, bulu panjang yang lembut serta mata besar yang ekspresif dari kucing putihnya memang tampak begitu elegan apabila dirawat dengan telaten.

7. Walau sekilas mirip, kucing putih tak sama dengan kucing albino 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Kucing berbulu putih sekilas tampak mirip dengan kucing albino. Padahal, mereka nyatanya berbeda. Kucing albino memang mengidap albinisme, sedangkan kucing putih merupakan kucing dengan gen masking yang dominan sehingga bulu warna putihlah yang ditampakkan.

8. Paparan radiasi sinar matahari lebih beresiko memicu kanker kulit pada kucing putih 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Mirip seperti kadar sensitivitas pada kulit manusia berdasarkan warnanya, kucing putih yang sejatinya berbulu terang memang lebih rentan terdampak efek paparan sinar matahari yang terus menerus. Imbasnya, kucing putih pun lebih beresiko mengidap kanker kulit.

9. Tak seperti tampilan luar yang anggun, kucing putih konon berkarakter pasif, moody, dan sensitif 

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Jika dinilai dari tampilan luarnya, kucing putih memiliki daya tarik berupa pesona anggun dan elegan. Kendati demikian, ternyata konon karakternya justru sebaliknya. Kucing putih cenderung dilabeli dengan sifat pasif, moody, dan sensitif. 

10. Kucing putih kerap disimbolkan dengan pembawa keberuntungan  

Kucing 101: 10 Fakta Kucing Berbulu Putih

Dalam budaya di beberapa wilayah dunia, kucing putih ditengarai merupakan lambang keberuntungan dan kesejahteraan. Sebut saja Maneki Neko, si kucing pemanggil dalam budaya Jepang, yang kerap ditempatkan sebagai pajangan di dekat pintu masuk tempat-tempat usaha. Patung kucing putih ini dipercaya membawa keberuntungan kepada pemiliknya.

Wah, ternyata kucing putih menyimpan banyak serba-serbi menarik, ya! Meskipun begitu, jangan pilih kasih pada kucing dari warna bulu dan ras apapun. Sebab, kucing pun adalah makhluk hidup yang pantas untuk disayangi. Ayo, berbagi kasih pada hewan!

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.