Kwarcab HSS Ikut Upacara Hari Pramuka ke-59

oleh -560 views
Upacara Hari Pramuka
Foto: (Kominfo HSS)

KALIMANTAN SELATAN HSS (IM) – Upacara Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020. Yang digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Melalui konferensi video melalui aplikasi Zoom di Gedung Pramuka Kab.HSS. Rabu (12/8/2020).

Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan. Syamsuri Arsyad, yang juga menjabat sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Hulu Sungai Selatan turut dalam Upacara.

Upacara peringatan Hari Pramuka secara daring tersebut. Dipimpin langsung Presiden RI Jokowi selaku Pembina upacara dari Istana Negara. Dan di ikuti oleh jajaran pengurus Kwartir Nasional. 34 kelompok peserta Kwartir Daerah. 11 kelompok pimpinan Satuan Karya Pramuka tingkat nasional. 3 kelompok Satuan Komunitas Pramuka tingkat nasional. 66 kelompok mitra Kwartir Nasional. 200 kelompok peserta Kwartir Cabang. Hingga 11 kelompok Gugus Depan Luar Negeri yang juga mengikuti jalannya upacara. Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bela Negara

Dengan mengangkat tema “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu Dalam Menanggulangi Bencana Covid-19 dan Bela Negara”. Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengatakan Jiwa dan karakter generasi tangguh Pramuka Indonesia. Yang disiplin dalam bertindak, tidak gentar menghadapi setiap rintangan. Selalu peduli dan siap berkorban. Sangat dibutuhkan di era pandemi Covid-19. Saat ini untuk mempercepat penanganan pandemi.

“ Di era pandemi Covid-19 yang berat sekarang ini jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan. Memakai masker, menjaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat. untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya.” kata beliau.

Presiden meyakini dengan menjalankan gerakan kedisiplinan dan kepedulian. Penyeberan Covid dapat berkurang beserta dampak yang akan ditimbulkannya.

“ Oleh karena itu, saya minta kepada saudara-saudara untuk membuat dua gerakan nasional.” Ucap Presiden kepada Gerakan Pramuka Indonesia.

Gerakan pertama ialah gerakan kedisiplinan nasional. Yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan. Sementara yang kedua, yakni gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu. Peduli, dan saling berbagi.

Baca Juga:

Usai upacara. Dalam wawancaranya Wabup HSS Syamsuri Arsyad menjelaskan. bahwa Kabupaten Hulu Sungai Selatan merupakan salah satu kabupaten yang ditunjuk. dari 13 kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi peserta upacara yang dilakukan secara daring.

“Kami merasa bangga hari ini bisa bersama Bapa Presiden. Jajaran Kwartir Daerah seluruh Indonesia dan Kwartir Cabang yang bisa melaksanakan peringatan upacara pada hari. ini ” Ucap Syamsuri Arsyad.
Wabup Syamsuri Arsyad juga berharap agar Gerakan Pramuka di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Dapat melaksanakan dua gerakan nasional yang telah disampaikan oleh Presiden dalam amanatnya.

Mendampingi Wabup dalam acara tersebut. Kepala Kemenag HSS selaku Wakil Ketua Kwarcab. Kepala Dinas Sosial Kab. HSS selaku Wakil Ketua Kwarcab serta para Wakil Ketua Kwarcab lainnya. pengurus Kwarcab, pengurus Satuan Karya, DKC dan Satgas Pramuka Peduli.

Sumber:Kominfo HSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.