Lebaran, Gunawan Mengaku Pernah Ngumpet di Kolong Tempat Tidur

oleh -7 views


JawaPos.com – Aktor Gunawan Sudradjat punya berbagai cerita masa kecil yang tak bisa dilupakan seputar Idul Fitri. Termasuk ketika dia bersembunyi di kolong tempat tidur ketika orang-orang sedang menjalankan salat Idul Fitri.

Dia mengenang, dirinya yang akan merayakan Lebaran di Tasik masih belia dan belum disunat. Gunawan mengatakan, kala itu anak yang belum disunat tidak boleh mengikuti shalat Id.

“Jadi waktu itu saya diumpetin sama nenek saya. ‘Kamu tuh enggak boleh salat Id, kamu ngumpet saja.’” kata Gunawan kepada ANTARA melalui pesan suara, menirukan percakapannya dengan sang nenek.

Dengan polosnya ia bertanya di mana harus bersembunyi, dan kolong tempat tidur jadi jawabannya. Akhirnya dia bersembunyi di kolong dan tidak keluar sampai orang-orang selesai melaksanakan salat Id.

“Momen itu yang nggak bisa saya lupakan,” katanya.

Ada momen lain yang masih berkesan hingga saat ini, yakni ketika mengikuti pesantren kilat selama satu bulan di Cililin, Bandung. Di sana dia belajar soal disiplin dan kebersamaan, juga ilmu agama yang berharga.

Dia masih ingat betul harus bangun tidur pukul tiga dini hari untuk tadarus sebelum sahur bersama peserta pesantren lainnya. Setelah makan, mereka semua bersiap untuk shalat subuh, kemudian mengaji hingga matahari terbit.

“Baru kita bersiap untuk mandi, habis itu istirahat sebentar terus kita beres-beres. Menjelang shalat zuhur kita ngaji lagi,” ujarnya.

Setelah mengaji dan istirahat sejenak, peserta pesantren kita melakukan aktivitas seperti membersihkan halaman masjid, kemudian kembali mengaji jelang salat Ashar. Rutinitas yang dijalani selama sebulan penuh itu membuatnya lebih disiplin, selain juga belajar lebih dalam tentang ilmu agama.

“Itu pengalaman yang sangat berharga buat saya,” ujar Gunawan yang tahun ini melewati Ramadan di Singapura.

Setelah lebaran, Gunawan mengungkapkan sebetulnya ada rencana proyek baru, termasuk tawaran film layar lebar. Namun dia belum tahu apakah proyek itu akan diambil karena dia masih bermukim di Singapura.

“Dan juga ada beberapa produksi sinetron, Insya Allah mungkin kalau sinetron bisa kita ambil setelah pulang dari Singapura, saya bisa kembali lagi syuting,” tutup dia.



Sumber: Berita ini telah tayang di situs jawapos.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.