Mengenal Alat Studio Foto Yang Wajib Ada, Dari Kamera Sampai Lampu Godox

oleh -41 views
rumah
Sumber foto : https://www.pexels.com/id-id/foto/studio-dalam-ruangan-peralatan-salinan-ruang-4268512/

TECNO – Untuk memulai sebuah usaha masyarakat harus jeli dalam melihat peluang, salah satunya bisa berasal dari rumah. Jika Anda memiliki kemampuan fotografi dan punya kamera serta peralatan foto yang lengkap, tidak ada salahnya jika mencoba untuk membuat studio foto sebagai salah satu media usaha.

Skill foto yang bagus ditambah dengan alat studio foto yang lengkap, maka bisa menambah pundi penghasilan. Perlengkapan studio foto bisa menjadi penunjang mengapa banyak orang tertarik melakukan sesi foto untuk berbagai keperluan. Untuk pemula, maka Anda wajib mengetahui alat apa saja yang dibutuhkan saat ingin membuka jasa studio foto.

Punya Kamera dan Lampu Studio? Buka Studio Foto Saja, Ini Peralatannya

Untuk yang baru pertama sekali ingin membuka studio foto profesional, maka berikut ini beberapa alat-alat yang wajib Anda miliki.

1.     Kamera Profesional

Pertama tentu saja Anda harus ada kamera untuk memotret agar terlihat lebih profesional. Meski mungkin bisa memanfaatkan smartphone dengan kamera canggih untuk memotret, penggunaan kamera profesional jauh lebih disarankan jika Anda menekuni profesi ini.

Setidaknya Anda harus memiliki dua kamera yakni kamera pertama digunakan untuk memotret di dalam studio sedangkan sisanya untuk memotret di luar studio. Pilih kamera jenis DSLR dengan level high end untuk menghasilkan foto yang lebih sempurna. Namun pastinya DSLR high end harganya jauh lebih mahal, dibanding di kategori entry level karena hasil fotonya sudah lebih pro.

Anda juga harus menambahkan penggunaan lensa dengan diafragma yang besar, jika ingin membuka studio. Anda bisa menambahkan beberapa pilihan lensa mulai dari wide, macro, tele dan landscape.

2.     Ruangan Studio

Setelah memiliki kamera yang terbilang mumpuni, maka Anda juga wajib punya yang namanya ruangan studio. Anda wajib sedia ruangan representatif untuk studio, yaitu dengan menyediakan ruangan kosong tanpa ada perabotan di dalamnya dan pastinya tetap memiliki ventilasi udara yang cukup.

Sebaiknya untuk ruangan studio foto, Anda bisa membuatnya dengan cat berwarna putih karena dapat memantulkan cahaya dengan baik. Anda juga bisa menambahkan backdrop khusus untuk spot foto dengan penggunaan tiang atau langsung ditempel ke tembok.

Tidak menjadi masalah jika memiliki ruangan studio foto yang sempit. Karena selama frame dalam foto cukup, maka bisa dilakukan pemotretan untuk produk atau model dengan maksimal.

3.     Tripod

Tripod juga tidak boleh terlupakan ketika ingin memiliki studio foto sebagai media usaha. Anda bisa memanfaatkan tripod dengan ukuran besar untuk diletakkan pada studio. Tidak perlu khawatir untuk harga tripod, karena cukup terjangkau apalagi saat ini ada banyak pilihan tripod dari berbagai merek dan model yang bisa disesuaikan dengan budget.

Penggunaan tripod sendiri, dimanfaatkan untuk menopang kamera dan bisa mengatur ketinggian untuk mendapatkan angle foto yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki studio foto yang sekaligus dapat digunakan untuk merekam video. Maka penggunaan tripod dapat membuat hasil gambar atau video lebih steady.

4.     Lampu Studio

Alat studio foto berikutnya adalah sebuah pencahayaan agar bisa mengambil gambar ataupun video dengan kualitas yang baik. Memang cukup disarankan untuk pemanfaatan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Cahaya alami ini bisa membuat foto terlihat lebih natural hasilnya.

Namun jika tidak bisa menghasilkan cahaya alami, maka Anda bisa memanfaatkan alat lain salah satunya lampu studio Flash GODOX SK400II. Lampu studio ini memberikan pencahayaan yang lebih terang dan akurasi suhu warna yang diinginkan. Lampu GODOX juga sangat fleksibel karena bisa diatur untuk dipindahkan dan dibawa bepergian.

Jika dilihat secara detail, maka desain dari lampu ini cukup solid dan juga cocok untuk banyak jenis tiang lampu. Tidak perlu khawatir masalah ketahanan produk, karena Godox dirancang dengan lubang ventilasi udara yang cukup banyak.

Fitur yang dimiliki juga sangat lengkap untuk menghasilkan cahaya optimal baik pada siang hari maupun malam hari. Selain itu jenis lampu studio ini juga cocok untuk berbagai kamera. Adapun Anda bisa dengan mudah mendapatkan Godox SK400Ii di marketplace terbaik Indonesia, yaitu Blibli.

5.     Dekorasi Ruangan

Selain punya ruangan studio foto, Anda juga wajib melakukan dekorasi pada ruangan tersebut. Dekorasi untuk mempercantik hasil foto memang Anda harus lakukan untuk membuat tertarik banyak orang dan menggunakan studio foto tersebut. Paling tidak, Anda memiliki beberapa tema foto yang menarik.

Anda bisa menyiapkan backdrop warna polos seperti putih, merah atau biru. Atau bisa juga memanfaatkan backdrop dengan motif atau latar belakang pernak-pernik untuk mendukung hasil foto. Sesuaikan pula peralatan dekorasi dengan tema yang sedang Anda kerjakan.

Itu tadi beberapa alat studio foto yang wajib Anda miliki jika ingin membuat studio foto, terutama bagi para pemula yang ingin membuat studio foto di rumah. Bagi yang berencana untuk membeli peralatan studio foto lengkap, maka Anda tidak perlu mengunjungi toko perlengkapan alat foto karena bisa membelinya lewat marketplace.

Anda bisa menemukan berbagai peralatan mulai dari kamera pilihan jenis dan merek, lensa kamera, tripod bahkan peralatan dekorasi untuk studio foto. Anda juga bisa menyesuaikan budget untuk membeli perlengkapan alat studio mulai dari yang harganya murah sampai mahal dengan kualitas terbaik.

Untuk semua produk yang ada di Blibli sudah pasti original, jadi tidak perlu khawatir masalah kualitas. Jangan lewatkan pula berbagai promo menarik yang disediakan oleh marketplace ini, apalagi pada event-event tertentu. Temukan pula berbagai produk menarik di Blibli sekarang juga dengan mengunjungi aplikasi maupun website resminya di Blibli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.