Musrenbang 2022, Pemkab Tubaba Susun RKPD Tahun 2023

oleh -163 views
Musrenbang
Ist

TUBABA (IM) – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat melaksanakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2022 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Daerah (RKPD) Tahun 2023 yang dilangsungkan di ruang rapat Bupati setempat.

Kegiatan Musrenbang yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Fahrizal Darminto ditandai dengan pemukulan gong yang dikemas dalam bentuk tatap muka langsung dan melalui video conference. Peserta dalam ruangan acara dibatasi dan mengikuti protokol Kesehatan secara ketat.

Dalam membacakan sambutan Bupati Tubaba H. Umar Ahmad, SP., Wakil Bupati Tubaba Fauzi Hasan mengatakan, bahwa Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur.

“Untuk itu pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang 2022 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 Kabupaten Tulang Bawang Barat,” katanya.

Wakil Bupati melanjutkan, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan lanjutan proses Musrenbang di masing-masing tiyuh, kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan, Forum Konsultasi Publik serta pada tingkat Forum Perangkat Daerah.

“Kabupaten Tulang Bawang Barat kini sedang beranjak menuju masa depan. Di Tubaba, Kami terus membangun ruang-ruang baru, seraya membangun orang-orang (Sumber Daya Manusia) yang akan mengisi dan menghidupkannya. Ruang-ruang ini diharapkan akan menjadi ruang hidup baru bagi masyarakat yang “Layak Tubaba”, di masa kini maupun di masa yang akan datang,” jelasnya

Maka dari itu, lanjutnya, prioritas Kabupaten Tulang Bawang Barat, saat ini kami formulasikan di dalam tema ‘Peningkatan Kualitas SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pemulihan Ekonomi Daerah’. Pemulihan Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tulang Bawang Barat merupakan suatu kondisi yang menggambarkan langkah dan harapan agar perekonomian daerah dapat berkembang. Peningkatan kualitas SDM dan pemberdayaan masyarakat diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

Sementara itu, Fahrizal Darminto menyebutkan, dengan terlaksananya Musrenbang RKPD Kabupaten Tubaba, membuktikan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan yaitu dengan menjaring seluruh aspirasi dan kebutuhan masyarakat

“Kami mengapresiasi kepada Kabupaten Tubaba yang telah Menyusun tema RKP Tahun 2023 yaitu ‘Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Daerah’ yang selaras dengan Tema RKP Pemerintah Provinsi dam Pemerintah Pusat”

Tugas kita semua yang hadir dan Musrenbang ini, adalah menterjemahkan Tema Pembangunan 2023 tersebut, menjadi program dan kegiatan prioritas dalam kerangka pencapaian target dan capaian yang tepat dan terukur, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Kabupaten Tubaba,” ucap Sekdaprov.

Lebih lanjut Sekdaprov Lampung dalam sambutannya menyebutkan data program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Lampung Tahun 2023 yang berlokasi di Kabupaten Tubaba diantaranya:

Kegiatan Pengelolaan Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan dan Pendidikan Khusus,
Penyediaan Layanan Kesehatan untuk UKP Rujukan, UKM dan UKM Rujukan Tingkat Daerah Provinsi,
Penyediaan Fasilitas Pelayanan, Sarana, Prasarana dan Alat Kesehatan untuk UKP Rujukan, UKM, dan UKM Rujukan Tingkat Daerah Provinsi,
Penyelenggaraan Jalan Provinsi,
Kegiatan Urusan Penyelenggaraan PSU Pemukiman,
Irigasi Penunjang Pertanian di Tubaba.

“Untuk penyusunan rencana pembangunan ke depan, dalam forum Musrenbang ini tentunya akan dibahas penajaman dan penyelarasan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan”

“Berbagai program dan kegiatan daerah yang perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat, agar dikoordinasikan dengan baik kepada perangkat daerah Provinsi Lampung dan akan dibahas lebih lanjut dalam forum Musrenbang Provinsi Lampung” pungkas Fahrizal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.