Raih Gelar Kesatria, Tahun 2020 Makin Sempurna bagi Lewis Hamilton

oleh -170 views

[ad_1]

Jakarta, IDN Times – Tahun 2020 benar-benar jadi tahun yang sempurna buat pembalap Formula 1 asal Inggris, Lewis Hamilton. Baru-baru ini, ia dikabarkan bakal mendapat gelar kesatria dari Kerajaan Inggris.

Dilansir Sport Rush, nama Hamilton masuk dalam daftar orang-orang yang bakal menerima gelar tersebut dari kerajaan. Gelar ini diberikan menyusul apa yang sudah Hamilton raih baik itu di dalam maupun di luar dunia lintasan Formula 1.

“Lewis (Hamilton) benar-benar seorang yang besar di olahraga ini (Formula 1). Pengaruhnya juga tidak kalah besar, di dalam maupun di luar dunia balap. Apa yang ia capai saat ini sudah fenomenal, dan ia akan mencapai banyak hal lagi,” ujar CEO Formula 1, Stefan Domenicali, dilansir situs resmi Formula 1.

1. Lewis Hamilton apik di dalam dan di luar dunia balap

Raih Gelar Kesatria, Tahun 2020 Makin Sempurna bagi Lewis Hamilton

Sebagai pembalap Formula 1, capaian Hamilton sudah tak perlu diragukan lagi. Ia saat ini merupakan pemegang tujuh gelar Formula 1. Torehannya menyamai catatan pembalap legendaris asal Jerman, Michael Schumacher, yang juga sudah mengoleksi tujuh gelar Formula 1.

Terbaru, di ajang Formula 1 2020, Hamilton begitu mendominasi. Ia sukses memenangi 11 balapan dan hanya dua kali keluar dari posisi tiga besar dari 17 seri GP Formula 1 2020. Ia pun mengungguli para pembalap lain, macam Max Verstappen dan Valtteri Bottas.

Di luar dunia balap, Hamilton adalah seorang pegiat sosial yang aktif. Ia kerap menyuarakan banyak isu-isu sosial, seperti ketidakadilan rasial, perubahan iklim, dan lain sebagainya.

2. Penghargaan kedua Hamilton dari Kerajaan

Raih Gelar Kesatria, Tahun 2020 Makin Sempurna bagi Lewis Hamilton

Pemberian gelar kesatria ini bukan satu-satunya gelar dari Kerajaan Inggris yang pernah diterima Hamilton. Ia sebelumnya juga pernah mendapatkan gelar Member of the British Empire (MBE).

Gelar ini didapat oleh Hamilton selepas menjuarai Formula 1 bersama McLaren pada 2008. Itu jadi kali pertama Hamilton menjuarai gelar Formula 1.

3. Nama Hamilton diabadikan sebagai nama jalur pit Silverstone

Raih Gelar Kesatria, Tahun 2020 Makin Sempurna bagi Lewis Hamilton

Selain gelar MBE dan kesatria, Hamilton juga mendapatkan beberapa gelar lain dari tanah kelahirannya, Inggris. Namanya diabadikan sebagai nama jalur pit sirkuit legendaris di Inggris, Sirkuit Silverstone.

Hal ini diumumkan oleh Presiden British Racing Driver’s Club (BRDC), David Coulthard. Jelang GP Abu Dhabi, ia menyebut bahwa nama jalur pit Silverstone, per Minggu, 13 Desember 2020 berganti menjadi Hamilton Straight. Ini jadi sejarah tersendiri bagi Silverstone.

“Ini kali pertama dalam sejarah Silverstone, bagian dari sirkuit dinamai oleh nama individu,” ujar Coulthard, dilansir situs resmi Formula 1.

“Lewis memang telah menjadi bagian sangat besar dari sejarah ini. Para direktur di klub dan saya merasa tidak ada cara yang lebih baik untuk menandai hal itu dengan menamai ulang lintasan pit yang ikonik sebagai pengakuan atas pencapaiannya,” lanjutnya.

4. Lewis Hamilton raih titel BBC Sports Personality of the Year 2020

Raih Gelar Kesatria, Tahun 2020 Makin Sempurna bagi Lewis Hamilton

Selain penghormatan di Silverstone dan gelar dari kerajaan, tanah Inggris kembali memberikan penghargaan lain buat Hamilton. Ia dianugerahi titel BBC Sports Personality of the Year 2020, berkat segala capaiannya selama 2020 ini.

Hamilton mengungguli atlet-atlet lain seperti kapten Liverpool, Jordan Henderson, dan Hollie Doyle. Ia juga menang atas atlet kriket Inggris, Stuart Board, petinju Tyson Fury, dan Ronnie O’Sullivan.

Hamilton pun mengaku kaget mendapatkan penghargaan ini. Ia mengucapkan selamat untuk semua nominator dan semua yang telah mereka lakukan untuk Inggris di tengah pandemik COVID-19 ini.

“Saya benar-benar bangga dengan semua yang mereka (rekan-rekan atlet) capai sejauh ini. Terima kasih juga untuk semua yang sudah memilih saya. Saya tidak menyangka akan menang karena banyak nominator yang bagus di sini,” ujar Hamilton.

“Saya juga ingin mengucapkan Selamat Natal untuk semuanya. Tahun ini merupakan tahun yang tidak biasa, dan saya ingin mengucapkan kepada semuanya, tetaplah optimistis di tengah masa-masa sulit ini,” lanjut Lewis Hamilton.

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.