1,129 Ton Sabu-Sabu Gagal Edar, Milik Jaringan Timur Tengah

oleh

[ad_1]

JawaPos.com – Sebanyak 1,129 ton sabu-sabu dibeber di Polda Metro Jaya kemarin (14/6). Itu merupakan hasil pengungkapan kasus yang melibatkan sindikat narkoba jaringan Timur Tengah.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang hadir di Mapolda Metro Jaya mengatakan, peredaran narkoba jaringan Timur Tengah itu digagalkan tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan Polrestro Jakarta Pusat. Tim mengamankan tujuh tersangka.

Jaringan tersebut, kata Kapolri, melibatkan narapidana di lembaga pemasyarakatan (lapas). ’’Transaksi narkoba jaringan Timur Tengah dan Afrika, mereka kerja sama dengan warga negara Indonesia maupun asing yang menjadi narapidana di Lapas Cilegon,’’ kata Sigit kemarin.

Dia menyebutkan, lima tersangka merupakan warga negara Indonesia, yakni MT, AH, HS, NB, dan EK. Dua tersangka lainnya merupakan warga negara Nigeria berinisial CSN dan UCR.

Barang bukti sabu-sabu seberat 1,129 ton itu disita dari empat lokasi berbeda. Perinciannya, 393 kilogram di Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat; 511 kilogram di Ruko Pasar Modern Bekasi Town Square, Jawa Barat; 50 kilogram di Apartemen Basura, Jakarta Timur; dan 175 kilogram di Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat.

Menurut Kapolri, pengungkapan 1,129 ton sabu-sabu itu merupakan bagian dari komitmen Polri untuk memberantas peredaran gelap narkoba. Sebelumnya, Polri mengungkap narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 2,5 ton yang melibatkan jaringan Timur Tengah dan pelaku dari lapas. ’’Jadi, kalau kita lihat dalam satu bulan ini, kurang lebih 3,5 ton narkoba yang berhasil kita amankan. Kalau kita hitung selama tiga bulan, mulai Januari, mungkin kurang lebih ada 5 ton,’’ ungkapnya.

Baca juga: Digagalkan, Sabu 1,129 Ton Jaringan Timur Tengah

Melihat banyaknya barang bukti, Sigit mengaku prihatin. Di tengah pandemi Covid-19, saat Polri ikut berupaya menekan laju pertumbuhan virus, peredaran gelap narkoba juga sangat tinggi. Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah konsumen sangat besar. ’’Walaupun bisa ungkap, ini merupakan gambaran yang menjadi keprihatinan kita bersama terkait dengan tantangan terhadap generasi kita,” katanya.

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs jawapos.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.