5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

oleh -672 views

[ad_1]

Mozarella merupakan salah satu varian keju yang mudah meleleh apabila dimasak dalam suhu panas. Bahan baku yang satu ini acapkali digunakan sebagai hidangan pendamping untuk makanan-makanan utama.

Korea Selatan sendiri adalah salah satu negara yang banyak menggunakan keju mozarella sebagai salah satu pelengkap makanan mereka. Lelehan keju yang nikmat berpadu dengan berbagai olahan asal negeri ginseng yang dikenal beragam tersebut.

Kalau kamu memiliki stok keju mozarella di rumah dan bingung hendak dibuat apa, berikut ini merupakan lima referensi sajian berbalur lelehan keju asal Korea yang bisa dicoba.

1. Chijeu-buldak

5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

Buldak merupakan salah satu olahan dari daging ayam di mana makanan ini mempunyai ciri warna merah mentereng dengan rasa yang dikenal super pedas. Di Korea Selatan, buldak dapat pula diartikan sebagai fire chicken.

Warna merah yang terdapat dalam daging ayam diperoleh dari campuran bumbu marinasi yang didominasi oleh penggunaan pasta cabai pedas dan bubuk cabai khas Korea.

Untuk menemani hidangan buldak yang super pedas ini biasanya akan ada teman makan yang dijadikan sebagai penetral untuk membuat rasa ayam semakin sedap, yakni lelehan keju mozarella.

2. Cheese tteokbokki

5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

Tteokbokki merupakan hidangan populer asal Korea Selatan yang sering menghiasi kawasan street food. Makanan satu ini menjadi ikon jajanan Korea yang wajib dicicipi bila kita tengah berkunjung ke negara tersebut.

Bentuk tteokbokki cenderung memanjang dengan warna aslinya adalah putih, teksturnya kenyal, dan agak padat. Salah satu cara penyajian tteokbokki adalah dengan dimakan bersama kuah merah pedas yang terbuat dari bubuk cabai dan pasta cabai Korea.

Nah, belakangan tteokbokki terus mengalami inovasi yang membuat rasanya semakin beragam. Salah satunya adalah varian yang menambahkan keju mozarella di atasnya, sehingga ketika kue beras ini disajikan ada lelehan keju yang lumer ketika dimakan.

3. Korean corn cheese

5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

Korean corn cheese belakangan tengah menjadi perbincangan umum lantaran popularitasnya yang hampir menembus banyak daerah di luar Korea Selatan. Hidangan pendamping yang unik ini merupakan salah satu masakan sederhana dengan rasa istimewa yang memanjakan lidah pencinta keju.

Pada dasarnya, Korean corn cheese diolah hanya menggunakan jagung dan beberapa bumbu untuk membuat sayur kuning satu ini lebih harum dan berasa. Kemudian pipihan jagung dimasak bersama mozarella sampai keju tersebut meleleh sempurna.

Korean corn cheese sendiri sangat cocok disajikan sebagai makanan pendamping minum teh atau kopi. Selain itu hidangan dapat menjadi camilan favorit, baik untuk anak-anak sampai orang dewasa.

4. Grilled cheese lobster

5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

Lobster merupakan hasil tangkapan laut yang banyak diolah sebagai makanan utama atau hidangan pendamping di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Korea Selatan. Sajian bernama grilled cheese lobster sendiri menjadi sebuah jajanan wajib saat kamu berada di Myeongdong.

Berbeda dari olahan seafood kebanyakan, grilled cheese lobster asal Korea ini lebih condong menggunakan daging lobster berukuran sedang atau kecil, dengan bagian cangkang yang dipotong dua, sehingga daging tetap disajikan beralaskan kulit lobster itu sendiri.

Sementara keju akan ditabur di bagian atas daging lobster dan dimasak sampai meleleh. Jadi setiap kamu menyuap hidangan ini, tidak cuma daging lobster yang lumer di mulut, melainkan adapula mozarella yang turut memberi andil dalam menghadirkan rasa yang sempurna.

5. Cheese dakgalbi

5 Sajian ala Korea dengan Keju Mozarella Lumer untuk Temani Tahun Baru

Dakgalbi adalah sajian pendamping asal Korea Selatan yang terbuat dari campuran daging ayam, sayuran, dan ubi untuk dimasak dengan bumbu pedas yang terdiri dari gochujang dan gochugaru.

Hidangan ini biasanya dimatangkan dengan cara ditumis setelah sebelumnya sudah melalui proses marinasi agar bumbu menyerap sempurna. Sajian tersebut dapat dijadikan makanan pendamping nasi atau sajian utama.

Dalam menambah rasa dakgalbi supaya tambah enak, hidangan biasanya akan dimasak bersama dengan keju mozarella. Keju dibiarkan meleleh sebelum disajikan secara hangat.

Nah, itulah kelima ragam hidangan dari Korea berbalur lelehan keju mozarella yang bisa menginspirasi hidangan selama menemani waktu liburan di rumah. Kira-kira, dari lima kudapan tersebut mana yang menurutmu paling menggugah selera?

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.