Yakin Mau Road Trip Akhir Tahun? Cek 3 Hal Ini Sebelum Berangkat

oleh -193 views

[ad_1]

Jakarta, IDN Times – Liburan tahun baru sudah dimulai. Banyak warga yang kemudian memutuskan untuk pulang kampung atau berlibur ke luar kota menggunakan mobil pribadi. Sebab naik mobil pribadi dinilai lebih aman dari paparan COVID-19 dibandingkan naik anggkutan massal seperti bus, kereta, atau pesawat.

Meski begitu, tetap ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai perjalanan jauh dengan mobil pribadi. Nah, berikut beberapa poin yang harus kamu cek sebelum berangkat. 

1. Pastikan tekanan ban sesuai petunjuk

Yakin Mau Road Trip Akhir Tahun? Cek 3 Hal Ini Sebelum Berangkat

Pergi bersama keluarga akan membuat beban mobil semakin bertambah. Karena itu pastikan tekanan ban mobilmu tidak kekurangan angin. Sebab ban yang kurang tekanan angin berpotensi membuat kendaraan jadi limbung. Selain itu risiko pecah ban juga bisa terjadi di jalan tol. Oya, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi ban serepmu. Pastikan dalam kondisi baik dan tekanannya pas.

2. Cek oli mesin

Yakin Mau Road Trip Akhir Tahun? Cek 3 Hal Ini Sebelum Berangkat

Sebelum menyalakan mobil, buka dulu kap mesin mobilmu. Setelah itu cek kondisi oli dengan cara menarik stik oli. Pastikan volume oli tidak kurang dari yang seharusnya. Sebab kekurangan oli bisa membuat mesin rontok. Selain itu pastikan oli mesinmu belum mencapai jarak tempuh sesuai yang dianjurkan oleh pabrikannya. Biasanya oli mesin berlaku untuk 5 ribu km. 

3. Cek cairan mobil lainnya

Yakin Mau Road Trip Akhir Tahun? Cek 3 Hal Ini Sebelum Berangkat

Selain mengecek oli, kamu juga harus mengecek air radiator, minyak rem, serta minyak powersteering. Pastikan kondisi oli dan minyak tersebut tidak kurang dari takarannya. Tambahkan oli atau minyaknya juga volumenya berkurang. Oya, ada baiknya juga kamu mengecek cairan wiper.

Setelah semua aman, pastikan protokol kesehatan dijalankan secara ketat dan tertib, ya.  

[ad_2]

Sumber: Berita ini telah tayang di situs idntimes.com, klik link disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.