Bupati Hulu Sungai Selatan Terima Tamu Mahasiswa Doktoral ULM

oleh -323 views
Bupati Hulu Sungai Selatan
Foto: Kominfo HSS

KALIMANTAN SELATAN HSS (IM) – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS). Drs.H.Achmad Fikry, M.AP menerima tamu mahasiswa doktoral Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Bernama Normalina, SP, M.Pd yang akan melakukan disertasi. Bertempat di ruang kerja Bupati. Lantai 2 Kantor Sekretariat Daerah Kab.HSS. Selasa 4 Agustus 2020.

Adapun maksud Disertasi adalah. Paparan diskusi yang menyertai sebuah pendapat atau argumen. Maupun karya tulis ilmiah resmi akhir seorang mahasiswa dalam penyelesaian program S3. Disertasi merupakan bukti kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian. Yang berhubungan dengan penemuan baru dalam program ilmu yang di pilih seorang mahasiswa S3.

Pada kesempatan tersebut. Normalina, SP, M.Pd memperkenalkan diri adalah seorang mahasiswa program S3 angkatan Tahun 2019 di Universitas Lambung Mangkurat. Dengan mengambil jurusan pengolahan sumber daya alam dan Lingkungan Hidup Berkelanjutan. Serta mengambil judul disertasi yaitu Model Kepemimpinan Hijau. Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan hidup di Kalimantan Selatan.

Baca Juga:

Setelah selesai melakukan disertasi dengan Bupati selama 1 (satu) jam, saat diwawancarai Normalina, SP, M.Pd menyampaikan kedatangan ini dalam rangka wawancara untuk pengumpulan data penyusunan disertasi program S3 struktual di ULM dengan judul model kepemimpinan hijau dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup berkelanjutan di Kalimantan Selatan.

“ Kenapa jadi memilih lokasi posisi (lokpos) yang salah satunya adalah Hulu Sungai Selatan. Karena Hulu Sungai Selatan ini memiliki keistimewaan.  Artinya orang-orang di luar tahu. Termasuk sebuah daerah yang mampu mempertahankan keberadaan hutan lindung tetap Lestari ada disini. dan ini otomatis asumsi kita adalah peran dari pemimpinnya. karena apapun itu pasti terkait dengan peran pemimpin. Kalau pemimpinnya peduli maka akan menjadi lebih baik. dan kemudian istimewanya lagi beliau memiliki inovasi pemimpin di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini memiliki inovasi. yaitu bagaimana merubah karakter dan mindset masyarakat untuk lebih cinta kepada lingkungan. ”Kata Normalina.

pemberdayaan masyarakat adat

Dikatakan juga ada kemitraan dan pemberdayaan masyarakat adat. Serta kemudian didukung oleh peraturan-peraturan daerah. Peraturan Bupati atau surat edaran Bupati yang mampu mengakomodir kebutuhan dari masyarakat. tapi tetap tidak melanggar peraturan dan tetap menjaga lingkungan tetap baik.

“ Sebelumnya saya tidak hanya ke Bupati. Saya sudah ke tokoh adat. kepada pejabat-pejabat lain yang ada di HSS, termasuk ke kantor KPH yang mengelola tentang hutan. dan ternyata begitu kita konfirmasi data yang kita ambil informasi kita dapat dari masyarakat kita konfirmasi ke Bupati ternyata benar itu sesuai. antara apa yang diucapkan oleh masyarakat.  sedangkan kita, kalau dari masyarakat itu tidak bisa memilih yang beliau kenalkan. Pasti makin banyaknya masyarakat ternyata bisa sesuai dengan apa yang Bupati sampaikan tadi. Tanggapan bahwa beliau sangat konsen, sangat peduli, sangat profesional terhadap lingkungan dan beliau berjanji akan tetap konsisten dan komitmen untuk menjaga lingkungan hidup itu tetap seperti yang sekarang. “Ucap Normalina.

“walaupun pemanfaatan oleh masyarakat itu tetap, tapi pengawasannya juga lebih diperketat, kemudian perlibatan masyarakatnya juga ditingkatkan oleh Beliau dan infrastruktur beliau bijak, tetap menyediakan infrastruktur untuk masyarakat tapi tetap disiasati agar tetap terjaga, dan itu sangat istimewa tidak ditemukan di Kabupaten atau daerah lain strategi sebagai pemimpin informasinya memang langsung ke masyarakat yang paling bawah”,jelas Normalina.

“ Disertasi yang saya buat. Berjudul Model Kepemimpinan Hijau Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan hidup di Kalimantan Selatan. Beliau memberikan sumbangsih kepada saya dalam penelitian ini yaitu menjadi temuan penelitian bagi saya sesuatu yang baru. Yaitu Bahwa untuk mengelola sebuah Lingkungan tidak hanya pimpinan yang memiliki kewenangan. Tapi harus melibatkan masyarakat di bawahnya. seperti statement Bupati tadi, Pertahankan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Untuk Tetap Lestari. ” Ungkap Normalina.

Diakhir, Normalina mengharapkan Bupati agar selalu konsisten dan komitmen untuk menjadikan Hulu Sungai Selatan tetap mempertahankan lingkungannya. Terutama hutan lindungnya dan ini akan memberikan sumbangan yang sangat besar juga untuk lingkungan Kalimantan Selatan.

 

Sumber: Kominfo Hulu Sungai Selatan (HSS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.